SEKILAS TENTANG DATA FLOW DIAGRAM (DFD)

DFD merupakan diagram yang mengunakan notasi‐notasi atau simbol‐simbol untuk mengambarkan sistem jaringan kerja antar fungsi‐fungsi yang berhubungan satu sama lain dengan aliran dan penyimpanan data.
Data Flow Diagram (DFD) atau di sebut juga diagram arus data adalah diagram yang menunjukkan dari mana data mengalir dan kemana data akan menuju.
Adapun hal-hal yang digunakan dalam DFD adalah:

Kesatuan Luar (External Entity).
Kesatuan luar (entity) di lingkungan luar sistem yang dapat berupa orang, organisasi atau sistem lainnya yang berada di lingkungan luarnya yang akan memberikan input atau menerima output dari sistem. Suatu kesatuan luar dapat disimbolkan dengan suatu notasi persegi panjang atau suatu persegi panjang dengan sisi kiri dan atasnya berbentuk garis tebal.

Aliran data
Aliran data di DFD diberikan simbol suatu panah. Aliran data ini mengalir diantara process (process), simpanan data (data store) dan kesatuan luar (External entity). Aliran data ini menunjukkan arus dari data yang dapat berupa masukan untuk sistem atau hasil dari proses sistem.

Proses
Suatu proses adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu aliran data yang masuk ke dalam proses untuk dihasilkan aliran data yang akan keluar dari proses. Suatu proses dapat disimbolkan dengan notasi lingkaran atau dengan simbol empat persegi panjang dengan sudut‐sudut tumpul.

Berikut ini adalah Data Flow Diagram (DFD) dari “Sistem Informasi Penjualan Dira_Collection”




0 komentar:

Poskan Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR!!!

Follow us on Twitter! Follow us on Twitter!
Replace this text with your message