AGAR TIDAK MEREMEHKAN NIKMAT !


Dalam sebuah haditsnya Rasulullah SAW pernah bersabda:
    ”Lihatlah orang yang lebih rendah dari kalian, dan janganlah kamu melihat orang yang lebih tinggi dari kalian, karena yang demkian itu lebih baik supaya kalian tidak meremehkan nikmat Allah atas kalian. (HR. Muslim).
Dalam haditsnya yang lain, Rasulullah SAW juga bersabda:
    ”Jika salah seorang kalian melihat kepada mereka yang dilebihkan dalam harta dan akhlak perilaku, maka hendaklah ia juga melihat orang yang lebih rendah darinya dan yang lebih rendah juga dari orang yang dilebihkan tadi.” (HR. Bukhari).
Kedua hadits ini menawarkan resep kebahagiaan yang ternyata sederhana, yakni dengan berlaku bersyukur terhadap nikmat yang telah dikaruniakan oleh-Nya. Kunci kebahagiaan seseorang dalam menjalani hidup ini berpangkal dari keridhaannya. Istilah lainya nerimo. Keridhaan ini berguna untuk menjadi mesin pendorong rasa syukur terhadap segala nikmat yang telah dikaruniaakan terhadap dirinya, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak.
Melihat kepada yang lebih rendah utamanya dalam hal keduniawian – akan lebih banyak faedahnya daripada kerap mendongak (melihat) ke atas. Disamping akan terhindar dari perasaan iri, dengki dan rakus, juga akan menumbuhkan rasa syukur kepada nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita.
“Alhamdulillah, saya bisa sekolah, teman saya baru saja DO (drop out). Alhamdulillah, saya sudah kerja, sementara teman saya masih nganggur. Alhamdulillah, saya masih bisa berjalan, baru-baru ini teman saya kena stroke ndak bisa jalan… dan seterusnya.” Seperti inilah nantinya rasa syukur itu akan tumbuh, buah dari seringnya kita melihat ke bawah.
Bagi orang yang selalu nggersulo, tidak terima dengan nikmat yang diberikan, ia akan selalu susah dalam melalui hari-hari hidupnya. Ada rasa sedih, menyesal, yang kemudian tersulut menjadi api kedengkian. Setiap orang yang ada dihadapanya seakan-akan berubah menjadi membosankan dan menyebalkan. Sehingga ia akan kerap merasa menderita, gelisah dan tak terpuaskan. Orang seperti ini rasanya tak seharipun punya kebahagiaan, yang didapatinya adalah suasana serba sumpek dan sempit. Bahkan sekalipun telah dikaruniai kehormatan hidup, ia merasa bosan dan jiwanya berpaling dengan apa yang tidak ada dalam dirinya. Meski ditanganya tergenggam nikmat, tetapi mata dan hatinya berpaling dari itu semua.
Dalam hal tertentu, kita dianjurkan untuk melihat keatas. Ini untuk menjadikan pelajaran agar kita terus meningkat, memiliki himmah yang besar sehingga kita bisa mencapainya. Melihat ke atas disini adalah dalam hal keimanan dan kesadaran, keilmuan, semangat, akhlak dan amal shalih.
Bahkan dalam berbagai kesempatan, Romo Yahi RA seringkali menyampaikan kisah orang-orang “hebat” dalam hal riyadhah dan mujahadah untuk dicontoh, ditiru, diteladani, bahkan membuat kita iri hingga didalam hati timbul semacam bronto = mengapa mereka bisa sementara saya tidak. Sering-sering melihat keatas untuk memacu semangat mujahadah, semangat riyadhah, semangat berjuang, semangat belajar, semangat beramal shaleh seperti ini adalah sangat dianjurkan.
Maka kesimpulanya: dalam hal keduniawian, seseorang dilarang untuk tidak melihat keatas. Sebab hal itu akan menumbuhkan sifat iri, dengki, menghilangkan rasa syukur dan menyusahkan diri sendiri. Terima dan syukuri apa yang diberikan Allah. Karena Allah telah berjanji,
    ”Jika sekiranya kalian bersyukur, niscaya akan Aku tambah nikmat-nikmat yang telah Ku berikan itu. Dan jika kamu kufur, sesungguhnya azab-Ku amat pedih.” (QS. Ibrahim: 7).
Namun dalam hal akhirat dan kemaslahatan; kita dianjurkan untuk melihat ke atas, agar menjadi motivasi dan himmah, hingga kita juga bisa melakukanya. Nah, sekarang, apakah selama ini kita lebih sering melihat keatas dalam hal keduniawian, atau sebaliknya? Kurang lebihnya seperti itulah gambaran apa yang terjadi nanti. Allahu a’lam

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR!!!

Follow us on Twitter! Follow us on Twitter!
Replace this text with your message