LEMBARAN SHOLAWAT WAHIDIYAH

SHOLAWAT WAHIDIYAH
 
الى حضرة سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم الفاتحة X 7
ثم الى حضرة غوث هذا الزمان وأعوانه وسائر أوليآء الله رضىالله تعالى عنهم الفاتحة X 7
اللهم يا واحد يا احد, يا واجد يا جواد, صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد, فى كل لمحة ونفس بعدد معلومات الله وفيوضاته وامداده X 100
اللهم كما انت اهله, صل وسلم وبارك على سيدنا ومولانا وشفيعنا وحبيبنا وقرة اعيننا محمد صلى الله عليه وسلم كما هو اهله, نسألك اللهم بحقه ان تغرقنا فى لجة بحر الوحدة, حتى لا نرى ولا نسمع ولا نجد ولا نحس ولا نتحرك ولا نسكن الا بها, وترزقنا تمام مغـفرتكياالله, وتمام نعمـتك ياالله, وتمام معـرفتك ياالله, وتمام محـبتك ياالله, وتمام رضوانك ياالله, وصل وسلم وبارك عليه وعلى آله وصحبه عدد ما احاط به علمك واحصاه كتابك, برحمتك يا ارحم الراحمين والحمد لله رب العالمين X 7.
يا شافع الخلق الصلاة والسلام
:
عليك نور الخلق هادى الأنام
واصـله وروحه ادركــنى
:
فـقد ظلـمت ابدا وربـنى
وليس لى ياسـيدى سـواكا
:
فان ترد كنت شخصا هـالكا
ياسـيدى يارسـول الله X 7
يا ايها الغـوث ســلام الله
:
عـليك ربـــنى بإذن الله
وانـظر الي سـيدى بنـظرة
:
موصـلة للحضـرة العلـية
ياشافع الخلـق حــبيب الله
:
صـلاته عليك مع ســلامه
ضلت وضلت حيلتى فى بلدتى
:
خذ بيدى ياســيدى والأمة
يا سـيدى يا رسـول الله X 7
يا ربنا اللهم صل سلم

علىمحمد شفيع الأمم
والآل واجعل الأنام مسرعين

بالواحدية لرب العالمين
يا ربنا اغفر يسر افتح واهدنا

قرب وألف بيننا يا ربنا
اللهم بارك فيما خلقت وهذه البلدة ياالله وفى المجاهدة ياالله X 7.
ثم الإستغراق ساعة بقدر الطاقة وقراءة الفاتحة مرة ثم الدعاء :
بسم الله الرحمن الرحيم اللهم بحق اسمك الأعظم وبجاه سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وببركة غوث هذا الزمان واعوانه وسائر أوليآئك ياالله, ياالله, ياالله رضى الله تعالى عنهم X 3. بلغ جميع العالمين ندآءنا هذا واجعل فيه تأثيرا بليغا X 3. فانك على كل شئ قدير وبالإجابة جدير X 3. ففروا الى الله X 7. وقل جاء الحق وزهق الباطل ان الباطل كان زهوقا X 3. الفتحة X 1


Boleh di amalkan siapa saja laki – laki, perempuan, tua, muda, dari golongan dan bangsa manapun juga. Tidak pandang bulu.

CARA PENGAMALAN :
1. Diamalkan selama 40 hari berturut – turut, tiap hari paling sedikit menurut bilangan yang tertulis di belakangnya dalam sekali duduk. Boleh juga di persingkat 7 hari, akan tetapi dengan berjamaah bersama – sama satu keluarga atau satu kampung sangat dianjurkan. Bagi kaum wanita yang sedang bulanan, cukup dengan membaca Shalawat saja, tidak usah membaca Fatihah. Adapun bacaan “ FAFIRRUU ILALLOH “ dan “ WAQUL JAA-AL HAQQU……” boleh di baca, sebab disini tidak dimaksudkan membaca ayat – ayat Al Qur’an, melainkan sebagai do’a. Sesudah 40 hari atau 7 hari pengamalan di teruskan tiap hari, dan banyaknya bilangan boleh di kurangi, di tetapkan atau di tambah, sebagian atau seluruhnya. Akan tetapi lebih utama jika di perbanyak.
2. Bagi mereka yang belum hafal boleh dengan membaca. Dan bagi yang belum bisa membaca seluruhnya, sambil mempelajari, boleh dan cukup membaca bagian mana yang sudah ia dapati lebih dahulu. Yang paling gampang yaitu membaca “ YAA SAYYIDII YAA RASUULALLAH “ di ulang – ulang selama kira – kira sama waktunya dengan mengamalkan seluruhnya. Yaitu kurang lebih 30 menit. Jika itupun misalnya terpaksa belum mungkin, boleh berdiam saja selama waktu itu dengan memusatkan segenap perhatian, mengkonsentrasikan diri sekuat – kuatnya kepada Allah SWT dan merasa seperti berada di hadapan Junjungan kita Kanjeng Nabi Besar Muhammad SAW dengan adab lahir batin yakni ta’dhim( memulyakan ) dan mahabbah ( mencintai ) setulus hati!.
3. Mengamalkannya harus dengan niat semata – mata beribadah kepada Allah dengan ikhlas tanpa suatu apapun. Baik pamrih duniawi maupun pamrih ukhrawi misalnya supaya begini, supaya begitu, ingin pahala, ingin surga dan sebagainya! Harus sungguh – sungguh tulus, IKHLAS KARENA DAN UNTUK ALLAH- LILLAH! Disamping niat beribadah LILLAH, supaya niat mengikuti tuntunan Rasulullah SAW ( LIRRASUL ) dan niat mengikuti bimbingan Ghautsu Hadzaz Zaman radliyallohu ‘anhu.LILGHAUTS!. Jadi ketiga niat itu di laksanankan bersama yaitu LILLAH, LIRRASUL, LILGHOUTS!.
4. Disamping niat LILLAH, LIRRASUL,LILGHOUTS seperti di atas supaya merasa bahwa kita dapat melakukan ini semua karena pertolongan Allah, karena di gerakkan oleh Allah. Jadi menerapkan :

لا حو لا ولا قو ة الا با لله

“ Tidak daya dan kekuatan melainkan dengan titah Allah “

Jangan sekali –kali merasa diri kita mempunyai kemampuan tanpa di titahkan oleh Allah.
Disamping merasa BILLAH, juga supaya merasa BIRROSUL, Artinya merasa bahwa diri kita ini merasa menerima jasa dari Rasulullah SAW. Berarti menerapkan Firman Allah :

وماا رسلنا ك الا رحمة للعا لمين

“ Dan tiada AKU mengutus Engkau Muhammad melainkan rahmat bagi seluruh alam”. (Qs.21- Al Anbiya: 107 )
Selanjutnya disamping merasa BILLAH dan BIRROSUL, supaya merasa BILGHOUTS!. Artinya merasa bahwa kita memperoleh jasa – jasa dari Ghoutsu Hadzaz Zaman radliyallahu ‘anh jasa moril antara lain berupa dukungan moril dan doa restu dari para beliau, khususnya di dalam kita berdoa memohon kepada Allah SWT ini !
5. Ketika mengamalkan supaya sunguh – sunguh hudlur hati kita di hadapan Allah SWT. Dan “ ISTIHDLOR “ merasa seolah – olah seperti benar – benar berada di hadapan Rasulullah SAW. Dengan adab lahir batin sbaik – baiknya, ta’dzim ( memulyakan ) dan mahabbah ( mencintai ) setulus hati.
Dalam pada itu supaya merasa dan mengakui dengan jujur bahwa diri kita ini penuh berlumuran dosa dan senantiasa berlarut –larut!. Dosa kepada Allah SWT, dosa kepada Rasulullah SAW, dosa kepada Ghoutsu Hadzaz Zaman dan kepada para auliya’ kekasih Allah, dosa kepada orang tua, kepada ibu bapak, kepada keluarga, kepada guru, kepada murid, kepada pemimpin dan kepada yang dipimpin, dosa terhadap bangsa, negara, dosa kepada umat dan masyarakat bahkan terhadap sesama makhluk pada umumnya.
Dan merasa diri kita ini sangat dlo’if, sangat lemah, butuh sekali maghfiroh ampunan, taufiq dan hidayah Allah, butuh sekali syafaat pertolongan dan tarbiyah Rasuulullah SAW. Butuh sekali akan bantuan dan dukungan Ghautsu Hadzaz Zaman RA berupa barokah, nadzroh dan doa restunya.
Mari kita praktekkan!

بسم ا لله الرحمن الرحيم
الى حضرة سيد نا محمد صلى ا لله عليه وسلم ا لفا تحة 7
Membaca surat Al Fatihah ( 7 kali )

و الى حضرة غوث هذاالزمان وسا ئرا ولياء الله رضي الله عنهم ا لفا تحه7
Membaca surat Al Fatihah ( 7 kali )
Kemudian langsung membaca :

ا للهم يا و حد يا احد يا واجد يا جوا د صل وسلم وبا رك على سيد نا محمد وعلى ال سيدنا محمد فى كل لمحة ونفس بعد د كل معلومات ا لله وفيوضا ته وامد ا ده 100
Terjemah :
“ Yaa Allah, ya Tuhan Maha Esa, Yaa Tuhan Maha Satu, yaa Tuhan Maha Menemukan, yaa Tuhan Maha Pelimpah, limpahkanlah shalawat salam barokah atas junjungan kami Kanjeng Nabi Muhammad pada setiap berkedipnya mata dan naik turunnya nafas sebanyak bilangan segala yang Allah Maha Mengetahui dan sebanyak klimpahan pemberian dan kelestarian pemeliharaan Allah “.

ا للهم كما انت اهله صل وسلم وبا رك على سيد نا وحبيبنا وقرة اعيننا محمد صلى الله عليه وسلم كما هو ا هله نسا لك ا للهم بحقه ا ن تغرقنا فى لجة بحر ا لوحدة حتى لا نرى ولا نسمع ولا نجد ولا نحس ولا نتحرك ولا نسكن الا بها وترزقنا تمام مغفر تك يا ا لله وما م نعمتك يا الله وما م معرفتك يا الله و مام محبتك يا الله وتما م رضو ا نك يا الله وصل وسلم وبا رك عليه وعلى اله وصحبه عد دما احا ط به علمك واحصاه كتابك برحمتك يا ارحم الرحمين و الحمد لله رب ا لعا لمين 7

Terjemah :

“ Yaa Allah, sebagaimana keahlian ada pada-MU, limpahkanlah Shalawat salam barokah atas Junjungan kami, Kecintaan kami dan Buah Jantung Hati kami Kanjeng Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam yang sepadan dengan keahlian Beliau; kami bermohon kepada- MU yaa Allah, dengan hak kemulyaan Beliau, tenggelamkanlah kami didalam pusar dasar samudera Ke – Esaan – MU sedemikian rupa sehingga tiada kami melihat dan mendengar, tiada kami menemukan dan merasa, dan tiada kami bergerak ataupun berdiam melainkan senantiasa merasa di dalam Samudera Tauhid- Mud dan kami bermohon kepada-MU yaa Allah, limpahkanlah kami ampunan – MU yang sempurna yaa Allah, nikmat karunia-MU yang sempurna yaa Allah, sadar ma’rifat kepada-MU yang sempurna yaa Allah, cinta kepada-Mu dan KecintaanMu yang sempurna Yaa Allah, ridlo kepada-MU dan memperoleh ridlo-MU yang sempurna pula yaa Allah. Dan sekali lagi yaa Allah, limpahkanlah Shalawat salam dan barokah atas Beliau Kanjeng Nabi dan atas Keluarga dan Sahabat Beliau sebanyak bilangan segala yang di liputi oleh ilmu –Mu dan termuat di dalamKitab-MU, dengan Rahmat-MU yaa Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang dan segala puji bagi Allah Tuhan Seru Sekalian Alam”

يا شا فع ا لخلق الصلا ة وا لسلا م عليك نو را لخلق ها دي الانام
واصله ورو حه ادركنى فقد ظلمت ابدا وربنى
وليس لى يا سيدي سوا ك فا ن ترد كنت شخصا ها لكا 3
يا سيدي يا رسو ل ا لله 7


Terjemah : “ Duhai Kanjeng Nabi Pemberi syafaat makhluq, kepangkuanMU shalawat dan salam kusanjungkan, Duhai Nur cahaya makhluq, Pembimbing manusia; Duhai unsur dan jiwa makhluq, bimbing, bimbing dan didiklah diriku , sungguh aku manusia yang dlolim selalu”.
Tiada arti diriku tanpa Engkau duhai yaa Sayyidii. Jika Engkau hindari aku, akibat keterlaluan berlarut – larutku, pastilah, pastilah, pasti ‘ku ‘kan hancur binasa!”
“ Duhai Pemimpin kami, duhai Utusan Allah!”

يا أيها الغوث سلا م لله عليك ربني با ذ ن الله
وا نظر الى سيدي بنظرة مو صلة للحضرة العلية 3
Terjemah :

“ Duhai Ghautsu Zaman, kepangkuan-MU salam Allah kuhaturkan, bimbing dan didiklah diriku dengan idzin Allah. Dan arahkan pancaran sinar Nadroh-MU kepadaku yaa Sayyidii, radiasi batin yang mewushulkan aku, sadar ke hadirat Maha Luhur Tuhanku.”


يا شا فع الخلق حبيب ا لله صلا ته عليك مع سلا مه
ضلت وضلت حيلتى فى بلد تى خذ بيدى يا سيدي والامة 3

يا سيدى يا رسو ل الله 7

Terjemah :
“ Duhai Kanjeng Nabi Pemberi syafaat makhluq, duhai Kanjeng Nabi Kekasih Allah, kepangkuanMU shalawat dan salam Allah kusanjungkan, “ Jalanku buntu, usahaku tak menentu, cepat, cepat, cepat raihlah tanganku yaa Sayyidii, tolonglah diriku dan seluruh umat ini!”. “ Duhai Pemimpin kami, duhai utusan Allah!”

يا ر بنا اللهم صل سلم على محمد شفيع الامم
والا ل واجعل الانام مسرعين با لواحد ية لرب ا لعا لمين
يا ربنا اغفر يسرافتح واهد نا قرب والف بيننا يا ربنا 3

Terjemah :
“ Yaa Tuhan kami Yaa Allah, limpahkanlah shalawat dan salam atas Kanjeng Nabi Muhammad pemberi syafaat umat dan atas keluarga beliau;
dan jadikanlah umat manusia cepat – cepat lari, lari kembali mengabdikan diri dan sadar kepada Tuhan Semesta Alam.
Yaa Tuhan kami, ampunilah dosa – dosa kami, permudahlah segala urusan kami, bukalah hati dan jalan kami, dan tunjukilah jalan kami, pereratlah persaudaraan dan persatuan diantara kami, yaa Tuhan kam!”

ا للهم با رك فيما خلقت وهذ ه ا لبلدة يا ا لله وفى هذه ا لمجا هدة يا الله 7
Terjemah :
“ Yaa Allah, limpahkanlah berkah didalam segala makhluq yang Engkau ciptakan dan di dalam negeri ini yaa Allah, dan di dalam mujahadah ini yaa Allah!”

ا ستغرا ق !
Yang di maksud ialah : diam tidak membaca apa – apa. Segala perhatian tertuju hanya kepada Allah!. Bukan membayangkan lafat “ ALLAH”, tetapi kepada Allah – Tuhan !. Pendengaran, perasaan, ingatan, fikiran, penglihatan, dan ………..pokoknya segala- galanya di konsentrasikan kpada Allah!
Lain – lain tidak menjadi acara !. Hanya Allah! Titik!.
Lamanya istigraq tidak ada batasan, menurut kemampuan masing – masing. Istighroq di akhiri dengan membaca Surat Al Fatihah satu kali.

AL FAATIHAH !
Kmudian membaca doa seperti di bawah ini :

بسم ا لله ا لرحمن الرحيم. ا للهم بحق اسمك الاعظم وبجا ه سيد نا محمد صلى لله عليه وسلم وببركة غوت هذاالزمان واعوانه وسا ئر او ليائك يا الله يا ا لله يا ا لله رضى ا لله تعالى عنهم 3 بلغ جميع ا لعا لمين نداءنا هذا واجعل فيه تاثيرا بليغا 3 فانك على كل شيء قدير وبا لاجا بة جد ير 3
ففروا الى ا لله 7
وقل جا ء ا لحق وزهق ا لبا طل ا ن ا لبا طل كان زهو قا 3
Terjemah :
“ Dengan asma Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Yaa Allah, dengan Hak Kebesaran asma-MU, dan dengan kmulyaan serta keaguangan Kanjeng Nabi Muhammad Saw, dan degan barokahnya Ghautsu haadza Zaman wa a’waanihi serta segenap Auliya kekasihMu yaa Allah, ya Allah, Yaa Allah radliyallahu Ta’ala ‘anhum sampaikanlah seruan kami ini kepada jamia’al ‘alamiin dan letakkanlah kesan yang merangsang di dalamnya : Maka sesungguhnya Engkau Maha Kuasa berbuat segala Sesutu dan Maha Ahli memberi ijabah!”

“ FAFIRUUU ILALLAH ” : LARILAH KEMBALI KEPADA ALLAH!
“ WAQUL JAA-ALHAQQU WAZAHAQAL BAATHIL INNAL BAATHILA KAANA ZAHUUQA “ =Dan katakanlah ( wahai Muhammad ) perkara yang haq telah datang dan musnahlah perkara yang batal : sesungguhnya perkara yang batal itu pasti musnah”.
AL FAATIHAH “! ( Membaca surat Al Faatihah satu kali)

KETERANGAAN :
1. Kaliamah “ Fafiruu ilallah “ dan “ Waqul jaa- al haqqu ….” Di baca bersama – sama imam dan makmum. Dirinya sendiri terutama supaya di rasa katut termasuk di dalam ajakan itu dengan getaran hati yang kuat.
2. “ FAFIRUU ILALLAH “ maksudnya, mengajak secara batiniah agar supaya kita dan masyarakat kembali mengabdikan diri dan sadar kepada Allah wa Rasulihi SAW. Secara umum yaitu dengan menjalankan hal – hal yang diriloi Allah wa Rasulihi SAW. Meninggalkan perbuatan – perbuatan yang merugikan, merugikan diri pribadi dan keluarga dan masyarakat!.
3. “ WAQUL JAA-AL HAQQU….” Maksudnya, memohon semoga perbuatan dan akhlaq – akhlaq yang jahat yang merugikan umat dan masyarakat segera diganti oleh Allah dengan akhlaq yang baik yang membuahkan manfaat dan menguntungkan umat dan masyarakat yang di ridloi Allah wa Rasulihi SAW. Dan apabila memang sudah menjadi suratan takdir tidak bisa diperbaiki lagi, dari pada makin lama makin berlarut – larut makin hebat menimbulkan kerusakan dan kehancuran, lebih baik semoga lekas di musnahkan saja!”. Ini adalah soal mental, bukan terhadap fisik!.Dan terutama kita arahkan untuk diri kita sendiri!.
4. Apabila pengamalan Shalawat Wahidiyah di jalankan secara berjamaah bersam – sama beberapa orang, dan apabila situasi mengizinkan, sesudah membaca Surat Al Fatihah yang terakhir semua jamaah di ajak sekali lagi mengadakan pasnggilan “ FAFIRRU ILALLAH……” dengan berdiri menghadap kearah empat penjuru : arah barat, utara, timur dan selatan. Ini antara lain mengikuti apa yang pernah di lakukan oleh Nabi Ibrahim ‘ala Nabiyyina wa’alaihis shalatu wassalam ketika baru selesai membangun Ka’bah yang juga berdiri kearah empat penjuru memanggil ummat dan masyarakat. Sikap badan tegak berdiri , pandangan lurus kedepan, dan kedua tangan lurus ke bawah di samping paha kanan kiri. Pandangan batin dengan getaran hati yang kuat di arahkan kepada jami’al alamin mulai dari pribadi kita masing – masing sampai notog jagad arah yang kita hadapi, mengelilingi jagad di bawah kita, jagad di belakang kita kembali kepada diri kita lagi.
Nida’ panggilan pada tiap arah tersebut ialah :

AL FAATIHAH! ( Membaca Surat Al Fatihah satu kali )
FAFIRRUU ILALLAH (3)
WAQUL JAA-AL HAQQU…..(satu kali )

Sesudah arah selatan, menghadap kembali seperti ketika duduk tetapi masih tetap berdiri kemudian membaca :

AL FAATIHAH ! ( satu kali )
YAA SYAFI’AL KHALQIS SHALAATU…..dilagukan (satu kali )

YAA SAYYIDII YAA RASUULALLAH! (TIGA KALI )
YAA AYYUHAL GHOUTSU….dilagukan ( satu kali )
AL FAATIHAH ! (satu kali )

Nida’ panggilan dengan berdiri seperti di atas juga boleh dilakukan sendiri sekalipun tidak dengan berjama’ah.

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR!!!

Follow us on Twitter! Follow us on Twitter!
Replace this text with your message